Rabu, 28 Maret 2012

Pengenalan Bahasa Program Python

   Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multi guna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka yang standar yang besar serta komprehensif. Python dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi contohnya : GNU/Linux, Windows, Mac OSX, dan lain - lain.

     Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam sebagi kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Saat ini pengembangan python terus dilakukan oleh sekumpulan pemrogramer yang dikoordinir Guido dan Python Software Foundation. Nama python dipilih oleh Guido sebagai nama bahasa ciptaannya karena kecintaannya pada acara televisi Monty Python’s Flying Circus.

Beberapa fitur yang dimiliki python :
○ Memiliki library yang luas.
○ Tata bahasa yang mudah dipelajari.
○ Layout kode yang memudahkan pengecekan.
○ Berorientasi objek.
○ Memiliki sistem pengelolaan memori otomatis.
○ Modul - modul dikembangkan dan dibangun dengan bahasa python maupun C/C++.
○ Memiliki banyak fasilitas pendukung.

Mengoprasikan Python
   Pertama kali anda menjalankan program python ini, mungkin anda akan sedikit kebingungan bagaimana mengoperasikan dan langkah-langkah untuk menjalankannya. program ini secara default terinstall di system pada saat anda menginstall sistem operasi linux.
   Untuk menjalankannya, pertama kali buka console / terminal anda. Setelah itu masuk sebagai root. Ketika anda pertama kali membuka program python, yang pertama kali muncul adalah 3 tanda kurung sebagai expression prompt.





     Prompt mengisyaratkan bahwa system python siap digunakan dan menunggu anda untuk mengetikkan ekspresi di dalamnya. Cobalah untuk mengetikkan sebuah program sederhana. Sebagai contoh coba ketikkan sebuah program matematika simpel seperti 2+3

    python juga bisa digunakan dalam Operasi aritmatika, Operator , comment dan lain-lainnya.

Contoh program sederhana dengan python ,yakni :

ketika dijalankan hasilnya adalah :


   Mungkin hanya ini yang dapat saya tulis dengan pemrograman python untuk mendapatkan bacaan yang lebih lengkap dan tutorialnya dapat anda download disini..
Terima Kasih :D

SUMBER : elcounp.linux.or.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar