Sabtu, 04 Agustus 2012

Belajar Codeigniter (Instalasi)

Apa itu Codeigniter?

CodeIgniter adalah sebuah web application framework yang bersifat open source digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. Tujuan utama pengembangan Codeigniter adalah untuk membantu developer untuk mengerjakan aplikasi lebih cepat dari pada menulis semua code dari awal. Codeigniter menyediakan berbagai macam library yang dapat mempermudah dalam pengembangan. CodeIgniter diperkenalkan kepada publick pada tanggal 28 februari 2006.

CodeIgniter sendiri dibangun menggunakan konsep Model-View-Controller development pattern. CodeIgniter senditi merupakan salah satu framwoerk tercepat dibandingkan dengan framework lainnya. Pada acara frOSCon (August 2008), pembuat php Rasmus Lerdorf mengatakan dia menyukai codeigniter karena dia lebih ringan dan cepat dibandingkan framework lainnya ("because it is faster, lighter and the least like a framework.")


Instalasi Codeigniter 

hal yang harus dilakukan adalah :

Mempersiapkan Web Server
Seperti yang kita tahu bahwa PHP adalah bahasa pemrograman website yang
berjalan disisi server oleh karena itu untuk dapat menjalankan website yang dibuat dengan menggunakan PHP, di komputer harus terinstall aplikasi web server yang mendukung PHP. Banyak sekali aplikasi web server yang beredar, salah satu web server yang sangat terkenal dan juga bersifat bebas adalah web server Apache, sebuah web server yang digunakan pada sebagian server yang ada di internet. Untuk website yang melibatkan basis data sebagai tempat penyimpanan datanya maka tidak perlu bingung karena CodeIgniter juga mendukung berbagai jenis server basis data, yaitu MySQL,MySQLi, MS SQL, PostgreeSQL, Oracle, dan SQLite. CodeIgniter juga bisa dijalankan di semua sistem operasi yang bisa menjalankan aplikasi-aplikasi di atas, baik Windows, Linux, BSD dan yang lainnya.

Instalasi CodeIgniter

Instalasi CodeIgniter sangat mudah. Meskipun namanya instalasi tetapi karena
CodeIgniter adalah aplikasi berbasis website maka sebenarnya yang perlu dilakukan adalah meng-copy folder aplikasi CodeIgniter ke dalam folder htdocs atau Document Root dari web server yang telah diinstall sebelumnya. Berbeda dengan instalasi software pada umumnya. Sebelum melakukan instalasi yang perlu dilakukan pertama kali adalah mendapatkan kode sumber dari CodeIgniter itu sendiri yang dapat didownload di http://www.CodeIgniter.com/. Selanjutnya letakkan folder hasil ekstrak tadi di Document Root web server, yaitu folder htdocs didalam /opt/lampp bagi yang menggunakan XAMPP di Linux atau bagi yang menggunakan Windows tergantung dimana anda menginstall dan mengkonfigurasi webserver).

www.koder.web.id – Kumpulan tutorial komputer
Dengan menggunakan konfigurasi default saja maka CodeIgniter sudah dapat berjalan di web server Anda. Adapun struktur utama dari CodeIgniter terbagi menjadi dua bagian, yaitu application dan sistem/core CodeIgniter. Application adalah tempat kita meletakkan code yang akan dibuat.

Folder sistem berisi library-library dan helper bawaan CodeIgniter.

Setelah meletakkan CodeIgniter ke dalam folder htdocs maka akan didapatkan
tampilan seperti di bawah ini, artinya CodeIgniter telah sukses berjalan di aplikasi Anda.

jika anda ingin Mendownload dalam bentuk PDF silahkan download dibawah ini :


Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar