Sabtu, 19 April 2014

Menginstall Zend Framework 2 Pada Windows

Framework menurut bahasa inggrisnya berarti kerangka kerja. sementara secara umum, framework dapat diartikan sebagai sebuah tools atau alat yang berfungsi untuk membantu sebuah pekerjaan. karena PHP adalah script untuk membuat website, maka framework PHP dalam kasus ini bisa diartikan sebagai alat yang berfungsi untuk mempermudah proses pembuatan sebuah website. 

Maka Zend Framework adalah alat untuk mempermudah membuat sebuah website yang dimana zend framework didasarkan pada kesederhanaan, berorientasi objek, lisesnsi ramah perusahaan, dan basis kode tangkas diuji ketat. Zend Framework difokuskan pada membangun Web lebih aman, handal, dan modern 2.0 aplikasi &layanan web, dan API banyak tersedia dari vendor terkemuka seperti Google, Amazon, Yahoo, Flickr, serta penyedia API dan catloguers seperti StrikeIrondan Programmable Web.

Zend Framework sendiri ada 2 macam yaitu Zend Framework 1 dan Zend Framework 2. Apa beda Zend Framework 1 dengan 2 ? jika menurut saya, banyak sekali perbedaannya yaitu pada struktur direktori zend 1 dan 2 dimana pada zend 1 tidak memerlukan direktori module sedangkan zend 2 sangat memerlukan direktori module, lalu zend 1 masih menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 5.x sedangkan zend 2 menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 5.3.3 keatas. jika diceritakan lagi masih banyak perbedaannya untuk lebih pahamnya anda harus mencobanya terlebih dahulu.

Berikut adalah tutorial untuk menginstall Zend Framework 2, seperti yang telah diuraikan diatas Zend Framework 2 menggunakan bahasa pemrograman versi 5.3.3 keatas maka anda harus mempunyai Aplikasi yang menjalankan Apache , Mysql, PHP5, dan PHPMyAdmin seperti aplikasi XAMPP dengan model yang mendukung PHP versi 5.3.3. untuk itu download terlebih dahulu XAMPP pada situs resminya dengan versi terbaru kemudian install.

Jika anda telah menginstall XAMPP jalankan Controll Panel pada XAMPP yaitu apache dan mysql seperti yang terlihat berikut ini :

Selanjutnya kita memerlukan git dalam system computer, ada beberapa pilihan untuk instanll yaitu git berbasis GUI dan berbasis CLI seperti berikut :
yang saya pakai untuk diinstall pada system computer adalah msysGit, maka download msysGit dan install. Setelah di install jalankan git CLI maka akan tampil seperti berikut :


kemudian jalankan perintah untuk masuk ke folder xampp yang berada di C:xampp/htdocs seperti gambar  berikut :


setelah itu anda jalankan perintah untuk mendownload zendskeletonapplication yaitu 
git clone git://github.com/zendframework/ZendSkeletonApplication.git
dan tunggu beberapa menit. 
setelah selesai coba anda buka folder C:xampp/htdocs maka akan terdapat sebuah folder bernama ZendSkeletonApplication seperti gambar berikut :


langkah terakhir adalah membuka web browser dan ketikan alamat browser berikut localhost/zendskeletonapplication/public maka akan tampil halaman selamat datang Zend Framework 2 seperti gambar berikut :


jika gambar telah seperti gambar diatas maka Zend Framework 2 telah terinstall dan dapat dipakai sebagai mana mestinya. Cukup sekian untuk Installasi Zend Framework 2 Terima Kasih :D.
Untuk dalam bentuk PDF dapat didownload disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar