Sabtu, 03 Maret 2012

Cara Menginstal XAMPP di Linux

Assalamualaikum wr.wb..
sudah lama sekali saya tidak menulis diblog ini..
kangen saya menulis..kwkwkwkwkwk :D
apa lagi ingin berjumpa dengan pembaca setia saya..
kwkwkwkw :D (macam ada pulak pembaca setia y..)

Yah pada kali ini saya akan menulis tentang cara menginstal webserver antara lainnya adalah XAMPP..
saya mendapat pelajaran ini dari Komunitas Linux yaitu ELCO yang pada setiap pertemuannya membahas tentang yang berbeda..
dan pada saat itu membahas tetang webserver dan termasuk cara menginstall Xampp, dan yang ,dan yang menjadi pemateri dan peraganya adalah teman saya bernama Handaka Candra..kwkwkwkw..

OK mungkin langsung saja ya..
untuk langkah-langkahnya yaitu :
  • setelah terdownload anda buka terminal (Ctrl + T)
  • masuk ke dalam direktori Xampp berada,misalnya di downloads lalu ketikan cd Downloads
  • lalu ketikan ls untuk melihat apakah ada file Xampp tersebut di direktori Download
  • kemudian extrak file tersebut kedalam folder opt  dengan cara ketikan sudo tar -zxvf xampp-linux-1.7.7.tar.gz -C /opt
  • jika telah sampai langkah ini anda telah menginstal Xampp.


hal yang berikutnya adalah pengujian Xampp ini apakah berjalan atau tidak..
untuk menjalankan Xampp ini caranya yaitu :

  • sudo /opt/lamp/lamp start
  • Untuk menguji apakah xampp yang telah kita install sudah berjalan dengan baik atau belum, silahkan tes di web browser anda dengan mengetikan alamat http://localhost diaddress bar. Jika berhasil akan tampil seperti berikut :
jika telah terlihat seperti diatas maka Xampp telah siap digunakan..
selamat mencobakannya..
jika ingin mendownload tutorialnya klik disini..

Sumber : elcounp.linux.or.id (Handaka Candra)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar